Komputer Sering, Kenapa?

Kebetulan, beberapa minggu ini saya menjumpai para client mengeluh tentang komputernya yang terlalu sering hang. Belum 5-10 menit dinyalain, eh udah “hang”, mouse ga bisa gerak. Dan terpaksa menekan tombol reset di CPU buat restart/reboot ulang windows. Tapi itu juga percuma setelah beberapa menit komputer “hang” lagi, hehe sampe pusing katanya.

* DCMedia * apa itu? 🙂

Memang ketika komputer hang ada penyebabnya, kemungkinan pertama bisa ada software yang crash dengan system windowsnya. Hmm … menurut saya ada beberapa faktor kemungkinan penyebab kenapa komputer bisa hang :

  1. Pertama mungkin OS nya rusak karena sesuatu entah apa itu, bisa virus, salah men-delete files system, sering tekan tombol reset karna mengira komputer “hang” padahal tidak.
  2. Mungkin ada salah satu software yg berjalan crash dengan system windows ? OS nya, bisa disebabkan software tidak terinstal dengan sempurna atau ada komponen file yg corrupt. Umumnya dan biasanya software antivirus.
  3. Mungkin OS nya terkena virus yg tergolong ganas dan memakan/membutuhkan memory berlebih, sehingga menyebabkan system OS kekurangan memory RAM untuk proses, itu yang menyebabkan komputer menjadi “hang”
  4. Masih mengenai software, kemungkinan terlalu banyak software yang dijalankan, sehingga memory RAM kekurangan dan minim. Ini juga sering dialami para pengguna komputer yg tidar sadar bahwa kapasitas RAM sudah maksimum terpakai, akibatnya komputer menjadi lambat dan kemudian “hang”
  5. Ada juga cuman masalah sepele … Karna kita saking asyiknya memakai komputer tsb sehingga kita lupa unutk membersihkan dan merawatnya, membersihkan debu – debu di dalam CPU. Misalnya pada bagian FAN Processor, bagian ini lumayan vital, sebab fungsinya unutk mengatur / menstabilkan suhu temperatur Processor. Kalau suhu terlalu panas, maka akibatnya komputer akan “hang” atau sering me-restart sendiri.
  6. Ada kemungkinan hardware didalam CPU ada masalah, kemungkinan pertama adalah memory RAM, ya tidak menutup kemungkinan hardware lainnya yang kena, jadi di cek satu-persatu aja. Namun menurut pengalaman sih kalo gak memory RAM ya motherboard.
  7. Oh ya, harddisk juga rawan sebagai penyebab, karena harddisk yg sudah lama pemakaiannya rawan untuk bad sector, dan sering minta untuk di fix partition format ( chkdsk ) . Atau kapasitas harddisk sudah terpakai maksimum, sehingga untuk prosespun menjadi lambat dan akhirnya nge-”hang”.

Yak … inilah 7 dari banyak kemungkinan penyebab komputer sering “hang”. Mungkin masih banyak lagi yg belum saya tuliskan karna memang yg saya tahu cuman itu tok, hehe. Besok mungkin akan saya tambah lagi kalo ketemu penyebab yg laen.

Berikut solusi dari ke-7 penyebab komputer menjadi “hang” :

  1. Cara satu-satunya adalah dengan cara melakukan repair installasi OS. Atau diinstall ulang OS juga boleh kalau memang dibutuhkan.
  2. Coba jalankan semua software yg terinstall, jika menemukan salah satu software yg menjadi penyebabnya, segera uninstall atau repair jika mempunyai master programnya. Kalau memang penyebabnya antivirus, lebih baik di unsintall kemudian install ulang antivirusnya dan lakukan update.
  3. Nah untuk permasalahan virus, coba hilangkan virusnya dari komputer dulu, cara untuk menghapus virus sih bermacam dan bervariasi tergantung jenis dan system kerja virus tsb. Untuk lebih detilnya coba kunjungi vaksin.com. Atau kalau kamu punya komputer lain yg bebas virus, bisa di scan dulu harddisk kamu di komputer yg terbebas virus.
  4. Whehe … ya ini yang paling seru, udah tau kalo memory nya kecil, eh malah nekad buka program banyak, sambil main game lagi ckckck … saran saya ya lakukan upgrade, beli lagi memory RAM yang lebih besar. Oh iya kalau mau nge-cek memory RAM udah terpakai berapa bisa masuk ke task manager – performance – PF usage.
  5. Kalo emang kotor ya dibersihin dong. Coba buka casing CPU bersihkan semua dari debu, terutama debu-debu pada FAN processor. Bisa menggunakan kuas, ditiup dg sedotan, bisa dibolak-balik, bisa dikipasin, yang penting debunya hilang, yah .. sesuai kreatifitas masing-masing lah.
  6. Kalau sudah tidak ada masalah dengan sofware dan semua komponen sudah bersih dari debu, hmm … jadi … Hardware mungkin yg rusak, jadi coba compare komponen2nya, ganti memory RAM dengan yang berfungsi baik. Intinya semua komponen yang di dalam CPU di test satu-persatu, hehe capek sih, tapi ya mau gimana lagi.
  7. Oh iya dikarenakan hardisk sudah berumur, maka ada kemungkinan unutk bad sector, ini menyebabkan format partisi rawan untuk rusak. Untuk memperbaiki format partisi, lakukan perintah pada command prompt, ketik “chkdsk (drive mana) /f” yang mana /f berfungsi untuk men-fix kan format partisi harddisk. cat : perintah chkdsk ini tidak bisa memperbaiki bad sector, cuman bisa memperbaiki partisi format harddisk.

Nah demikian yang bisa saya share ke rekan2 sekalian, hmm … tidak menutup kemungkinan masih banyak penyebab dan solusi yang lebih baik dari apa yang telah saya tuliskan. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Oh iya kalau ada kesalahan apa yang saya utarakan/tulis boleh kok melengkapi / menyempurnakan di kolom comment. 🙂

Trims …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: