Komputer lama shutdown…!!!?

Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop tidak bisa Shutdown/mati. Jalan pintas kita harus mematikan dengan cara paksa yakni tekan tombol power. Namun jika ini terlalu sering, akan tidak baik untuk perangkat kita. Kita coba langkah berikut cara mengatasi Laptop/PC tidak bisa Shutdown.

Proses Shutdown windows terkadang bisa memakan waktu cukup lama, apalagi setelah selesai menggunakan berbagai aplikasi, ada aplikasi yang hang dan lainnya. Hal ini sering menjengkelkan, apalagi sebagian kita ingin segera meninggalkan meja segera setelah PC mati. Bagaimana agar proses Shutdown ini lebih cepat ?

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk mempercepat proses Shutdown windows, mulai dari cara yang normal/wajar sampai yang tidak wajar. Sehingga kita bisa shutdown windows kurang dari 5 detik atau bahkan hanya sekitar 2 detik, tanpa memerlukan software tambahan.

Cara Normal
Cara normal adalah dengan memodifikasi Registry windows, yaitu semua hal yang berhubungan dengan proses Shutdown windows. Sebaiknya sebelum memodifikasi registry windows, maka lakukan backup ( dengan memilih menu File > Export ketika sudah masuk Windows Registry Editor ). Berikut cara dan penjelasannya :
Sebelumnya, buka terlebih dahulu Windows Registry Editor ( Menu All Programs > Run ) ketikkan regedit lalu Enter atau klik OK.

Setelah Windows Registry Editor terbuka, bisa diikuti penjelasan dan langkah-langkah berikut :
Otomatis menutup (Auto Kill) semua Aplikasi pada saat Shutdown
Cari key berikut : HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop, kemudian temukan Key AutoEndTasks klik kanan, pilih Modify dan jika nilainya bukan 1 maka ganti dengan nilai 1.
Mengubah waktu Hang Aplikasi.
masih di Key yang sama (HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop), cari Key WaitToKillApp, HungAppTime, dan WaitToKillServiceTimeout. Klik kanan masing-masing key tersebut dan pilih Modify, ganti isinya dengan nilai 1000.
Men-non aktifkan fasilitas Clearing Paging File
Pada waktu shutdown, windows otomatis menghapus isi Paging File untuk keamanan, karena kemungkinan paging file ini digunakan untuk temporary file, berisi user atau password dan sebagainya. Jika kita tidak terlalu khawatir dengan masalah keamanan tersebut, maka fasilitas windows ini bisa di non aktifkan untuk mempercepat proses shutdown.

Caranya cari key berikut di Registry Editor: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControl… Manager\Memory Management, kemudian cari key ClearPageFileOnShutdown dan klik kanan, pilih modify, ganti isinya dengan nilai 0.

Dengan mengubah beberapa setting tersebut, maka seharusnya proses shutdown akan berlangsung lebih cepat dari biasanya, terutama jika ada aplikasi yang sering hang ketika shutdown. Jika tidak ingin repot-repot dengan langkah diatas, copy paste text berikut, kemudian simpan dengan nama file yang berekstensi .reg ( misalnya : fastshutdown.reg ). Setelah itu jalankan file itu ( double click ), ketika muncul konfirmai, tekan Yes.

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]
“WaitToKillServiceTimeout”=”1000″
“AutoEndTasks”=”1″
“HungAppTimeout”=”1000″
“WaitToKillAppTimeout”=”1000″

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentCont… Manager\Memory Management]
“ClearPageFileAtShutdown”=dword:000000…

Jika menyimpan dengan notepad, pilih Save as kemudian bagian Save as type pilih All files, ketika menyimpan beri tanda petik, misalnya “fastshutdown.reg”

Cara lain Shutdown Super Cepat
Jika cara diatas masih terlalu lama, dan ingin cara super cepat, maka gunakan tip berikut :

Buka Task Manager (tekan Ctrl+Alt+Del)
Tahan tombol Ctrl sambil klik Menu Shutdown > Turn Off

Maka Komputer akan segera mati dalam sekejap.
Sebelum menggunakan cara ini pastikan data-data sudah di simpan, karena jika belum disimpan maka data-data dapat hilang. Selain itu gunakan cara ini jika keadaan mendesak saja, karena kemungkinan bisa menyebabkan ada file yang corrupt, meskipun ini jarang terjadi.

ATAU BISA JUGA DENGAN CARA INI :
Masalah/penyebab Laptop tidak bisa shutdown:

~ Pertama karena registry Fast Shutdown dalam kondisi aktif. Silakan buka registry dan non-aktifkan Fast Shutdown.

~ Gunakan setting BIOS keposisi default saja, karena bisa saja penyebabnya adalah setting tertentu pada BIOS yang menyebabkan kondisi seperti ini.

~ Bisa juga karena antivirus yang anda gunakan tidak cocok atau menggunakan antivirus lebih dari satu. Ini tidak baik untuk komputer anda, gunakan cukup satu antivirus yang sesuai dengan OS.

~ Saat anda mematikan komputer, masih ada program yang sedang berjalan/aktif. Pada windows XP, 8 biasanya akan muncul perintah untuk menutup barulah bisa di shutdown.

~ Terjadi konflik pada Device driver yang tidak kompatibel atau rusak. Silakan cek dan periksa device driver yang Anda pasang, bisa jadi ini penyebabnya.

~ Masalah pada VGA card. Mungkin ada kesalahan adaptor video pada IRQ dalam modus real. Silakan diganti VGA card baru.

~ Setting komputer yang yang tidak pas (yang mendukung Advanced Power Management), bisa juga menjadi penyebabnya. Pada Windows XP, secara default, fitur ini tidak aktif. Tapi jika anda melakukan upgrade Windows XP dan pada BIOS di komputer Anda, diatur pada posisi APM, akan menjadi masalah pada komputer ketika di shutdown, karena komputer berhenti merespons. Jadi silakan dicek secara teliti.

Coba lakukan cek seperti berikut ini:

1. Buka RUN (klik Start > Run > ketik regedit > OK/enter)
2. Masuk di HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop
3. Dobel klik pada PowerOffActive, lalu ubah nilainya menjadi 1.

Semoga cukup jelas tips mengatasi laptop tidak bisa Shutdown/mati. Jika berbagai cara ini tidak bisa juga, terpaksa harus dimatikan melalui tombol power. Terima kasih, selamat bekerja, sukses selalu untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: