Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop & Komputer sering Hang

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KOMPUTER SERING HANG

Penyebab Komputer Hang. Saat sedang melakukan aktivitas di depan komputer, entah itu sedang mengetik ataupun bermain game, tiba-tiba komputer hang atau macet. Mouse digerakkan … kursor tidak mau bergerak bahkan PC tidak mau membuka ataupun menutup aplikasi. Cara mengatasi komputer hang saya sisipkan di dalamnya juga. Hal penyebab komputer hang atau macet bisa diakibatkan beberapa alasan seperti berikut :

http://kursuskomputerbogor.blogspot.com
komputer sering hang

* SOFTWARE
Penyebab komputer sering hang adalah software yang kita install tidak support system operasi. Untuk itu periksa terlebih dahul apakah OS PC (Mac, Windows 98 dsb) dan cek system requirement untuk hardwarenya.

* VIRUS
Selain software, virus juga berperan membuat komputer berperilaku aneh. Untuk itu lengkapi komputer dengan anti virus yang selalu terupdate.

* RAM
Kondisi lembab dan kotor dapat menyebabkan memori komputer atau RAM sering menyebabkan “blue screen” bahkan monitor tidak menampilkan gambar apapun. Cabut dan bersihkan memori dengan hati-hati lalu tancapkan kembali. Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika kita memasang 2 keping RAM yang berbeda.

* Hardware Konflik
Hardware yang tidak terinstall dengan baik, motherboard yang tidak support dengan VGA Card dapat pula menjadi penyebab komputer hang dan macet. Cek dengan cara :

1. Klik “Start”
2. Setting
3. Control Panel
4. System
5. Device Manager
Kemudian perhatikan apakah ada tanda “!” berwarna kuning dalam segitiga. Jika ada, install ulang driver harware tersebut dan pastikan driver terinstall dengan benar.

* BIOS
BIOS Motherboardpun bisa kadaluarsa terhadap hardware terbaru sehingga tidak bisa support. Kunjungi website pembuat BIOS motherboard dan dapatkan updatenya.

* Power Supply
Daya listrik yang kurang memadai dapat mengakibatkan idak berfungsinya koputer secara maksimal. Cek daya listrik, gunakan penstabil daya seperti UPS.

* HARD DISK
File-file yang tidak beraturan di dalam hardisk susunannya dapat mengakibatkan loading berat. Lakukan defrag dan disk clean up terhadap hardisk secara berkala, misal sebulan sekali.

* PRINTER
Saat printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya. Jika dokumen terlalu besaar, memori printer terlalu kecil, hal ini juga dapat menyebabkan hang komputer. Cabut kabel data printer dan matikan printer, kemudian lakukan reset pada tombol printer.

* OE Exception
Hal ini disebabkan VGA Card yang tidak support. Ubah setting Appearence, jika tetap kita harus mengganti VGA cardnya.

* Panas
Kondisi komputer yang panas menyebabkan beberapa harware tidak dapat berfungsi dengan baik. Matikan komputer atau tambahkan kipas tambahan untuk mengurangi panas PC.
mengatasi komputer hang}}pengalaman pribadi sebelum ganti Laptop core i7 saya sangat sebel karena komputer pentium 4 dan core duo saya sering hang .Pasti sebel banget karena punya 2 komputer pada penyakiten yaitu hang.Mengatasi PC hang atau cara memperbaiki komputer pentium 4 yang hang sebenarnya cukup simpel setelah tau caranya!

 Tapi bagimana buat yang belum tau cara mengatasi hang pada komputer??Tentunya bakalan gigit jari dan anda garuk garuk kepala ketika sedang kerja tiba -tiba komputer hang.

Biasa ada beberapa jenis komputer hang di antaranya :

komputer hang saat masuk bios

  • Restart komputer, masuk ke BIOS dengan menekan tombol DELETE/DEL berulang-ulang saat komputer pertama menyala.
  • Masuk ke menu Advanced BIOS Features, cari yang berhubungan dengan BIOS Cache, disable kan.
  • Tekan F10 > Enter

komputer hang saat internet

Hal ini karena ada virus trojan untuk membuktikanya silakan scan komputer anda .Trojan downloader bertugas membebani koneksi, “seolah-olah” melakukan download file berukuran besar sehingga memadati lalu-lintas internet anda. komputer hang karena memori dan prosesor di-sita oleh trojan dg informasi bohongan tentang download. bisa juga, tanpa disadari… trojan downloader itu memang sengaja melakukan download ke komputer.

dihapus aja dari daftar ‘startup application’ di msconfig trus hapus filenya (linkinfo.dll)–jika antivirus tidak berhasil menghapusnya. masuk ke “safe mode” kalo melalui mode normal tidak bisa.

komputer hang saat startup

cek kabel satanya..berfungsi dengan baik kah?
apakah agan pernah nambah software / hardware sehingga menyebabkan hang..
ato tiba” hang gitu aja?

komputer hang saat main game

dari pengalaman yang ane tau,
ada beberapa penyebab kompi bisa hang

1. CPU terlalu panas (sering terjadi)
2. VGA Card terlalu panas (sering terjadi)
3. Memori (DDR, SDRAM) atau VGA Card ente rusak (jarang terjadi) biasanya kalopun terjadi kompi pasti sering restart
4. ada harddware ga kompatibel or konfik (biasanya pada pc rakitan) biasanya kalopun terjadi kompi pasti sering restart
5. Power supply yang dah ga bener (bisa karena turun daya)
6. Harddisk yang dah ga bener biasanya karena aliran listrik dari power supply (Colokan longgar atau power supply dah ga bener atau turun daya)
7. Tegangan listrik yg ga bener (turun daya)
8. Fan (kipas pendingin) mati

Solusi:
1. pasang fan (kipas pendingin) tambahan
2. pasang fan (kipas pendingin) tambahan
3. ganti baru
4. cek apa hardware yang dipasang sesuai rekomendasi
5. ganti power supply or cek tegangan listrik ente
6. periksa setiap colokan pastikan terpasang dengan benar
7. pasang stabilizer
9. periksa fan (kipas pendingin)
8. Tambahan bersihkan kompi anda (CPU)
ini menurut pengalaman ane, ga tau deh kalo ama agan-agan sekalian….

komputer hang saat masuk windows

Ada beberapa kemungkinan :

1. Program windowsnya bermasalah (missing file system atau kena virus,dll) solusi -> coba diformat dan di instal ulang -> jika pada saat instal ulang windows tidak jalan maka ada kemungkinan: cdrom bermasalah, cd windows bermasalah, hd bermasalah yaitu badsector (walaupun hd terbaca pada komputer lain tidak menjamin hd anda tidak memiliki badsector)
2. Ram kotor, fan procesor kotor -> solusinya dibersihkan -> untuk ram bisa dibersihkan pakai penghapus pensil, untuk pembersihan fan procesor saya sarankan untuk dibersihkan oleh teknisi berpengalaman (salah copot dan pasang bisa menimbulkan masalah baru yang tidak diinginkan).
3. Kemungkinan-kemungkinan lainnya -> motherboard yang agak rusak, coba dilihat motherboardnya apakah ada kapasitor yang bergelembung, dan permasalahan lainnya solusi paling mudah ->panggil teknisi berpengalaman (khususnya teman teknisi komputer).
catatan : power suply bermasalah kemungkinannya sangat kecil mengingat komputer anda masih bisa menyala sampai masuk windows.

Berikut ini adalah cara mengatas hang pada laptop dan komputer:

  • Anda bisa menekan ctrl>alt>del secara bersamaan dan pilih program yang not responding dan klik end task.
  • Tekan tombol restar pada cpu atau laptop anda pakai jika  mengalami hang/macet
  • tidak cocot atau tidak singkron terjadi pada hardaware biasanya ketika pemasang hardware baru
  • lakukkan install ulang pada windows artinya anda harus tau cara install ulang windows tapi pastikan anda melepas hardware baru anda sebelum melakukkan install ulang pada computer anda
  • gunakan fasilitas add new hardware yang terdapat pada control panel pc anda
  • lakukkan penambahan hardware seperi van untuk melakukan pembuangan udara dan menyedot udara panas yang terdapat pada casing komputer anda ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: